Salah Satu Solusi Untuk Response Patah2x (lag) pada Hackintosh

Posted: 5 November 2010 in Operating System

Para penggemar unix-based-system, khususnya macosx (bsd kernel based, sayangnya tdk open source) yang terkenal dengan desain antar mukanya, tentunya sudah banyak mencoba berbagai varian / distro hackintosh di PC i386/x64 baik utk platform intel maupun amd. Setelah melakukan langkah2x instalasi yg panjang dan penuh tricky serta menghabiskan waktu, biasanya banyak masalah yang dihadapi agar pc-box nya dapat menjalankan macosx dgn baik.

Salah satu masalah yang sering dihadapi adalah response dari antarmuka macosx yang patah-patah, baik itu display maupun audio. Untuk display seperti efek transisi grafik, pergeseran window, pointer mouse dan sebagainya yang kadang2x patah2x seperti kurang fps. Untuk sound seperti suara yang dikeluarkan putus-putus. Padahal semua driver (kext – kernel extension) yang ada di forum2x sudah dicoba bahkan berlabel recomended driver, parahnya lagi tanggapan2x di forum yang positif dan puas dgn kinerja driver2x tersebut padahal kita sendiri msh jauh dari harapan.

Untuk masalah tersebut, ada satu hal yang terkadang tidak mendapat perhatian tetapi vital untuk dilakukan sehingga dapat membuat response display menjadi mulus dan keluaran suara yang jernih layaknya mac yg asli. Adalah settingan prosesor yang diaplikasikan si macosx menjadi masalahnya. Meski kecepatan prosesor yang tertulis benar, misalkan 3600MHz, jika dilihat lebih detail terdapat settingan pembentuk kecepatan prosesor yang salah yaitu perkalian antara FSB dan multiplier (Bus Ratio) yang digunakan. Sebagai contoh kecepatan prosesor yang ditampilkan os macosx benar yaitu 3600 Mhz, tetapi lebih rinci secara default memakai fsb 900 Mhz dan multiplier 4x untuk menghasilkan kecepatan tersebut (hal ini salah satunya bisa dilihat saat booting dgn opsi -v). Alhasil ekspektasi clock oleh kernel mac tidak sinkron dengan settingan prosesor yang sebenarnya (bersesuaian dengan settingan fsb x multiplier di BIOS) dimana berkaitan dengan RTC (real time clock) kernel, sehingga segala sesuatu yang berhubungan dengan RTC tidak ada yang mulus berjalan, baik display, sound dan sebagainya. Masalah ini banyak menyita waktu para hackintosh user dalam penyelesaiannya dimana berbagai hal dilakukan baik mencoba berbagai macam driver, berbagai macam kernel, mengaplikasi dsdt patcher dan sebagainya.

Untuk menset settingan fsb dan pengali yang benar, ada 2 cara yaitu dengan menambahkan settingan pada opsi boot (darwin bootloader), yaitu :

boot: fsb=200000000 busratio=18

Atau menambahkan flag pada kernel, yaitu pada berkas “/Library/Preferences/SystemConfiguration/com.apple.Boot.plist” menjadi seperti :

<key>Kernel Flags</key>

<string>fsb=200000000 busratio=13</string>

Setelah aplikasi solusi ini, penulis sendiri berhasil memperoleh response display yang mulus dan suara yang jernih, this is nearly a mac😀. Semoga dpt membantu buat para hackintosh lover🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s