Optimasi Hardware untuk Photoshop

Posted: 11 Desember 2010 in Hardware, Software

Image editing pada photoshop dengan ukuran canvas yang cukup besar untuk beberapa komputer dengan spesifikasi hardware tertentu akan terasa lambat, terutama jika editing melibatkan banyak layer. Kenapa ? Pada artikel kali ini penulis mencoba memaparkan sebuah kasus sebagai gambaran bahwa image editing untuk ukuran canvas besar membutuhkan hardware yang mencukupi juga.

Misalkan untuk canvas berukuran 160cm x 260cm (1″ = 2.54cm) dengan kerapatan piksel 254dpi (pixel/dot per inches) , maka :

  • width : 160cm = 62.99″ = 62.99″ x 254dpi = 15999,46 ~ 15999 pixel(s)
  • height : 260cm = 102.36″ = 102.36″ x 254dpi = 25999,44 ~ 25999 pixel(s)
  • totalPixel = width x height = 15999 x 25999 = 415958001 pixel(s)
  • Untuk kedalaman warnanya 8bit/pixel ~ 1byte/pixel >> 415958001byte(s) ~ 396,68MB, untuk kedalaman warnanya 16bit/pixel ~ 2byte/pixel >> 831916002byte(s) ~ 793.37MB, dst …

Selama proses editing image (color edit, filter2x, draw shape, dll) di suatu layer, Photoshop akan memegang yg original jg (agar dapat diundo2x, dikombinasikan dengan history process list), jadi pemakaian memory akan menjadi lebih kurang 2×396.68MB(793.37MB), 2×793.37MB(1586,74MB), dst … Hal ini belum termasuk untuk layer-layer yang lain, ditambah lg untuk keperluan lain (seperti menyimpan history process list, dll). Jika dikombinasikan dengan pemakaian memory oleh Sistem Operasi, pemakaian oleh aplikasi lainnya (winamp,dll) atau lebih lanjut bisa diliat di TaskManager (untuk sistem operasi windows), maka akan semakin banyak kapasitas (ruang) memory terpakai.

Untuk photoshop ada dikenal scratch disc (buffer), tapi hanya membantu di sisi kapasitas saja, krn kecepatan memory dan kecepatan hardisk/hdd (7200rpm) bagaikan langit dan bumi sehingga load dari hdd ke memory atau sebaliknya selama proses editing pasti memakan waktu lagi.

Kemudian saat proses-proses photoshop diproses oleh prosesor, misalkan melakukan gaussian blur, proses ini memakai algoritma gaussian (gugel utk lbh detailnya) untuk operasi pada matriks pixel (ukuran width x height) dari image pada layer tertentu, bayangkan untuk jumlah pixelnya sebanyak 415958001 pixel(s) (operasi pada matriks bisa secara konkuren/multithread, jd multicore processor akan lbh baik).

Selain itu, photoshop juga punya teknologi “Graphic Card Acceleration” (untuk VGA yg mendukung OpenGL dan dedicated memory > 256MB) yg bisa memakai prosesor VGA (GPU ~ Graphical Processing Unit) dan memory VGA (dedicated/bukan shared) untuk membantu selama proses2x editing di photoshop. Lebih lanjut dapat di-google sj untuk lbh jelas dan cara bagaimana memakai/mengaktifkan fitur ini.

Penulis sendiri menyarankan spesifikasi hardware berikut untuk pengolahan image dengan ukuran canvas yang besar :

  • Memory dengan kapasitas besar (> 3GB) dan kecepatan yg mencukupi (DDR2 PC6400, > DDR3)
  • ScratchDisc memakai partisi di harddisk yg cepet (Harddisk IDE/SATA di-RAID-0, Harddisk SCSI 10000rpm, SSD … mahal euy😀 )
  • Procesor dengan kecepatan yang mencukupi (> 3GHz, dimana speed sangat berpengaruh untuk operasi2x photoshop yg single threaded) dan jumlah core > 2core (> 4core lebih baik, untuk operasi2x photoshop yg multithreaded).
  • VGA card yang mendukung OpenGL dan memiliki dedicated memory > 256MB

Terakhir adalah optimasi di sisi konfigurasi software dalam penggunaan sumber daya hardware, dimana dapat dilihat pada menu Edit > Preferences > Performance. Disini dapat diatur alokasi memory untuk photoshop (lebih besar lebih baik), alokasi partisi hardisk sebagai scratch disc (usahakan tidak memakai partisi sistem operasi, partisi harddisk dengan performa tinggi lebih baik), GPU Setting (aktifkan Graphic Card Acceleration jika memungkinkan) dan History & Cache level (semakin tinggi maka akan memakai memory semakin banyak, atur sesuai kebutuhan).

Sebagai gambaran, penulis memakai phenom II X4 @ 3.4GHz + Memory 4GB DDR3 PC12800 + HDD WD Caviar Green 1TB + VGA HD4870 512MB (Graphic Card Acceleration aktif) … selama mengolah gambar memakai photoshop untuk ukuran canvas 3mtr x 1mtr (150dpi – 8bit, 5 layer) masih bisa berjalan lancar. Sekian dulu untuk optimasi hardware buat photoshop, semoga membantu buat yg ingin beli / upgrade kompi buat editing images dalam ukuran besar😀😀😀.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s